Bagaimanacara mengatasi sembelit setelah melahirkan normal

    Home/BLOG / Bagaimanacara mengatasi sembelit setelah melahirkan normal

Bagaimanacara mengatasi sembelit setelah melahirkan normal

tokcerbanget

Fiforlif

Bagaimanacara mengatasi sembelit setelah melahirkan normal

tokcerbanget.com - Sembelit atau konstipasi merupakan kondisi kebugaran yang terlalu umum dan dapat diderita siapa saja. Namun, biasanya perihal ini lebih banyak dialami oleh wanita ketimbang pria. Meskipun umum terjadi, lebih dari satu orang mampu mengalami konstipasi kronis sehingga merepotkan mereka untuk lakukan kesibukan sehari-hari.

Apa saja tanda-tanda sembelit?

- BAB tidak cukup dari tiga kali seminggu
- BAB keras atau bergumpal-gumpal.
- Harus mengejan disaat BAB
- Terasa seperti ada sumbatan pada anus yang menahan pengeluaran tinja.
- Terasa seperti tidak bisa mengeluarkan tinja secara tuntas.
- Memerlukan bantuan untuk mengosongkan anus, seperti mengfungsikan tangan untuk menekan perut atau jari-jari untuk mengeluarkan tinja dari anus.

Bila Anda mengalami dua atau lebih dari gejala-gejala berikut selama tiga bulan terakhir, bermakna Anda mengalami konstipasi kronis.

Apa penyebab dari sembelit?

- Hambatan terhadap usus besar atau anus. Misalnya luka pada anus, obstuksi usus, kanker usus besar, kanker anus, dan lain-lain.
- Gangguan terhadap saraf-saraf di lebih kurang usus besar dan anus. Contohnya pada cedera tulang saraf belakang, penyakit Parkinson, strok, dan lain-lain.
- Gangguan pada otot-otot yang terlibat dalam sistem BAB, layaknya ketidakmampuan untuk merelaksasi otot-otot panggul yang dibutuhkan untuk mengeluarkan tinja, otot panggul melemah atau tidak berkontraksi secara benar.
- Kondisi-kondisi yang merubah hormon tubuh, seperti diabetes, kehamilan, dan hipotiroidisme.

Bagaimana caranya sehingga bebas sembelit seumur hidup?

Anda harus tahu dulu penyebab sembelit yang Anda alami, gara-gara ini dapat berpengaruh pada penanganan yang dilakukan. Namun, secara lazim sembelit dapat diatasi bersama kiat-kiat berikut:

A. Konsumsi makanan tinggi serat

Serat dapat menunjang tubuh membentuk tinja yang lebih lunak. Contoh makanan memiliki serat adalah kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran. Hindari keju, daging, dan makanan yang mengalami pemrosesan (misalnya diasap).

B. Olahraga teratur

Olahraga amat mutlak untuk menangani sembelit. Bergerak aktif dapat menolong menstimulasi kesibukan usus. Hindari duduk dan tidur-tiduran terlampau lama.

C. Minum cairan yang cukup

Jangan lupa mengkonsumsi air putih secara lumayan tiap tiap harinya. Cara ini dapat mendukung melunakkan tinja.

D. Hindari menunda BAB

Menunda BAB dapat mengganggu proses pengosongan usus, yang lama-kelamaan akan menyebabkan sembelit jadi parah.

E. Penggunaan obat laksatif

Obat-obatan laksatif ini hanya digunakan sebagai usaha terakhir, jikalau cara-cara di atas tidak berhasil. Sebelum mengonsumsinya pun kudu dikonsultasikan pernah kepada dokter.

Apabila sembelit Anda tidak kunjung membaik bersama kiat-kiat tersebut, jangan curiga untuk menemui dokter sehingga sanggup ditunaikan pemeriksaan. Nantinya dokter dapat memperkirakan penanganan yang tepat untuk Anda.

Cara Mengatasi sembelit selagi puasa

Bulan puasa merupakan bulan yang paling di nanti-nanti oleh umat Muslim sebab di bulan ini nuansa Islami terlampau melekat didalam kehidupan sehari-hari. Di samping itu, di bulan ini pula umat muslim menjalankan ibadah puasa sebagai bentuk ketaatannya kepada Sang Pencipta.

Berbagai jenis takjil, hidangan berbuka puasa, hingga hidangan sahur tersedia di mana-mana. Hal ini tentunya bisa membuat perubahan menu dan pola makan kita sehari-hari. Oleh sebab itu, jika tidak pandai sesuaikan pola dan menu makanan di bulan puasa ini, kami mampu mengalami beragam masalah saluran pencernaan, salah satunya adalah sembelit.

Sembelit dan Cara Mengatasinya

Sembelit merupakan suasana buang air besar yang berjalan tidak cukup berasal dari 3 kali didalam seminggu dengan feses yang keras. Sembelit ini mampu terjadi karena bermacam hal, layaknya tidak cukup makan, tidak cukup cairan, tidak cukup serat, serta kasus saluran cerna lainnya.

Sembelit merupakan keliru satu kelainan saluran pencernaan yang memadai sering terjadi. Di bulan puasa dan Hari Raya Idul Fitri sendiri, penderita sembelit umumnya bertambah. Jika tidak dicegah, sembelit mampu mengganggu kegiatan dan ibadah, karena sembelit menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut.

Terdapat lebih dari satu tips yang dapat kita melaksanakan sehingga kita tidak sembelit, yakni:

Perbanyak minum di malam hari

Kekurangan cairan merupakan keliru satu penyebab sembelit. Di Bulan Ramadan kami jalankan ibadah puasa jadi sejak terbit fajar sampai matahari terbenam, yaitu tidak cukup lebih sepanjang 13 jam. Hal ini membawa dampak rentang waktu kita untuk mencukupi keperluan cairan tubuh lebih singkat, yakni hanya pada malam hari. Oleh gara-gara itu, perbanyaklah minum air putih terhadap malam hari untuk mencegah dehidrasi dan sembelit selama bulan puasa.

Perbanyak mengkonsumsi makanan berserat

Bulan Ramadan sama dengan berbagai jenis bahan makanan. Namun demikian, biasanya makanan yang kita santap saat berbuka puasa dan sahur kurang punya kandungan serat. Hal ini tentu saja sanggup sebabkan terjadinya sembelit. Oleh sebab itu, selama bulan Ramadan, perbanyaklah konsumsi sayur, buah, biji-bijian, dan makanan berserat lainnya terhadap waktu berbuka, di malam hari dan pas sahur.

Jangan lewatkan sahur

Melewatkan sahur merupakan salah satu pemicu terjadinya sembelit. Bayangkan kecuali Anda tidak sahur, maka Anda hanya makan 1 atau 2 kali, yakni kala berbuka dan sebelum akan tidur. Selain itu, durasi puasa Anda pun bakal lebih lama, yaitu sejak tidur malam hari hingga kala berbuka keesokan harinya. Dengan demikian, jumlah makanan dan cairan yang masuk ke di dalam saluran cerna Anda terhitung bakal lebih sedikit, sehingga Anda bakal lebih rentan mengalami sembelit.

Atur jadwal BAB

Mengatur jadwal BAB termasuk mutlak untuk membentuk formalitas tubuh Anda melakukan BAB sesuai rutinitas. Mengatur jadwal BAB dapat Anda laksanakan senyaman barangkali sesusai dengan keadaan Anda. Hindari mencegah BAB sangat lama sebab hal ini akan membuat feses Anda menjadi lebih keras dan mengakibatkan terjadinya sembelit.

Jika sehabis mencoba tips di atas tetapi Anda tetap mengalami sembelit, segeralah berkonsultasi bersama dokter. Dokter dapat laksanakan kontrol secara mendalam kepada Anda, supaya dokter sanggup memberikan terapi yang tepat.

Jangan anggap ringan persoalan sembelit, gara-gara jadi lama dibiarkan maka feses di didalam usus bakal jadi tambah keras dan makin sulit untuk dikeluarkan.

Dengan perut bebas sembelit, ibadah Anda di bulan puasa bakal menjadi lebih nyaman.

Di Bulan Ramadan, beraneka tipe bahan makanan sanggup kita temui. Bahkan, tersedia jenis-jenis makanan spesifik yang hanya mampu ditemukan di bulan Ramadan ini.

Dapatkan PENAWARAN Menarik Silahkan hubungi kami via link CHAT di pojok kanan. Dismiss